Jumat, 14 Desember 2018

Rpp k13 2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MTS. Al_Djufri
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas / Semester : VII/ Satu
Materi Pokok : Interaksi Sosial Dan Lembaga Sosial
Alokasi Waktu : 2x 45 (1 Pertemuan) 

Kompetensi Inti 
KOMPETENSI INTI (KI)
KOMPETENSI DASAR (KD)

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menghargai yati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti lingkungannya
Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan cara turut memeliharanya
Menghayati jati diri manusia sebagai agent of change dengan cara menata lingkungan yang baik guna memenuhi kesejahteraan lahir batin
Menghayati keberadaan diri di tempat tinggalnya dengan tetap waspada, berusaha mencegah timbulnya bencana alam, dan memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa

Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  dan percaya diri  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Menunjukkan sikap proaktif dalam mempelajarai hakekat dan peran IPS untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
Menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab sebagai makhluk yang dapat berfikir ilmiah
Menunjukkan perilaku yang responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang timbul di masyarakat
Menunjukkan sikap toleransi dan peduli terhadap keadaan sekitar serta bergotong royong dalam masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek  ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan  Islam.

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
Menyajikan hasil identifikasi tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.


Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi ( IPK)
KD 3 ( Pengetahuan )
Indikator Pencapaian

3.2 Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya.
Mampu menjelaskan pengertian Interaksi Sosial
Mampu  menjelaskan pengaruh interaksi sosial dalam ekonomi
Mampu  menjelaskan pengaruh interaksi sosial dalam budaya
Mampu Menjelaskan pengertian Lembaga sosial 
Mampu menjelaskan fungsi dan jenis lembaga sosial 



KD 4 ( Keterampilan)
Indikator Pencapaian Kompetensi

4.2 menyajikan hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
Mampu   memberikan contoh interaksi sosial 
Mampu memberikan contoh pengaruh interaksi sosial dalam nilai
Mampu menyebutkan fungsi dan jenis-jenis lembaga sosial 


Tujuan Pebelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat:
Memahami dan menjelaskan pengertian  Interaksi Sosial
Memahami dan menjelaskan pengaruh interkasi sosial terhadap kehidupan
Memahami dan menjelaskan pengertian lembaga sosial. 
Memahami dan menjelaskan fungsi dan jenis lembaga sosial
Fokus Penguatan Karakter : 
Sikap Spiritual : Toleransi, adil
Sikap Sosial : Jujur, Disiplin, Tanggung Jawab, Peduli, Santun, dan Percaya diri dalam berinteraksi
Materi Pembelajaran 
Materi Pembelajaran Reguler : Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
Materi Pembelajaran Pengayan : Faktor penghambat dan pendorong interaksi sosial 
Materi Pembelajaran Remidial : Interaksi sosial dan lembaga sosial.

Metode Pembelajaran
Pendekatan Umum : Sainstifik 
Metode : Komunikasi Interaktif, demonstrasi dan permainan ular tangga 

Media dan Bahan
Media : Buku, Papan Tulis , Media Grafi (Permainan Ular Tangga pada kertas karton).
Bahan : Buku LKS

Sumber Belajar
Buku Paket K13
Referensi dari Internet
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Apersepsi : 
Mengaitkan kejadian diluar kelas dengan materi seperti: menanyakan siswa-siwa apakah mereka bertemu dengan teman-temannya, dan apa yang mereka lakukan? Setalah itu guru menjelaskan bahwa yang dilakukan siswa tersebut merupakan bentuk interaksi sosial yang akan dipelajari pada pertemuan ini.
Menyampaikan Tujuan: guru menyampaikan tujuan kepada siswa bahwa tujuan pembelajaran yaitu agar siswa mengetahui pengertian dari interaksi sosial, pengaruh dari interaksi sosial, pengertian lembaga sosial berserta fungsi dan jenis lembaga sosial.
Guru menjelaskan metode pembelajaran: berkaitan dengan metode yang akan digunakan yaitu komunikasi interakfif sekaligus disusul dengan permainan ular tangga yang akan di mainkan oleh siswa dengan cara maju secara bergantian 
10 menit

Kegiatan Inti
Mengamati : Peserta didik mendengarkan penjelasan tentang Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial yang diampaikan oleh guru secara sederhana, singkat dan mudah dipahami.
Menanya : Peserta didik menanyakan tentang hal-hal yang tidak di mengerti tentang interaksi sosial
Mengumpulkan data / informasi:
Peserta didik membaca buku dari berbagai referensi yang relevan tentang interaksi sosial dan lembaga sosial.
Peserta didik mencari informasi interaksi sosial (aktivitas kelompok pada buku siswa), Pengaruh interaksi sosial terhadap lembaga sosial bahkan dari lembaga sosialnya sendiri (aktivitas kelompok pada buku siswa).
Mengasososiasi
Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk mengalisis Interaksi sosial  (aktivitas kelompok pada buku siswa), Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, dan lembaga sosial (aktivitas kelompok pada buku siswa)
Peserta didik merumuskan Interaksi sosial  (aktivitas kelompok pada buku siswa), Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, dan lembaga sosial (aktivitas kelompok pada buku siswa).
Mengkomunikasikan 
Peserta didik diajak untuk melakukan games berupa ular tangga berkaitan dengan materi yang dipaparkan dengan cara satu-persatu.
Peserta didik maju satu-persatu untuk mengikuti permainan dan menjawab soal-soal yang disediakan sesuai dengan kemampuan pengetahuan dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial.


70 menit 

Penutup
Peserta didik diberi kesempatan untuk menayakan hal-hal yang belum dipahami.
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
Peserta diingatkan untuk mengkaji lebih medalam berkaitan dengan materi yang dipaparkan.
Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya. 

10 menit 



Penilaian 
Penilaian Sikap Spiritual 
Teknik : Observasi 
Bentuk Instrumen
Penilaian Sikap Sosal
Teknik : Obserbasi 
Bentuk Instrumen :
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes Tulis
Bentuk Instrumen : Angket 
Penilaian Keterampilan 
Tenik : Praktek 
Bentuk Instrumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar